Thursday, September 13, 2012

Embun di hati Nes


Aku  hanya  tersenyum  hambar  menatap  wajah  Dwi  yang  menyiratkan  kebahagiaan  itu, tetapi  tidak  dapat  kurasakan.  Terbersit  rasa  kecewa  yang  sangat  dalam  dihatiku. Meskipun, aku  yang  mengatur  pertemuan  mereka  hari  ini.

Setelah  Dwi  mohon  pamit,  aku  berlari  menuju  kamarku. Kuseka  pipi  yang  basah  dengan punggung  tanganku. Kuhela  nafas  berat.  Kupandang  langit  cerah  sore  itu.  Sama, seperti  saat  aku  bertemu  dengan  pria  itu.

Aris.  Cowo  supel  yang  sangat  menyenangkan.  Aku  bertemu  dengannya  saat  pemotretan  untuk  sebuah  majalah  ibukota. Teman-temanku  begitu  mengagumi  sosok  fotografer  muda  yang  humoris  itu.  Mereka  selalu  berusaha  menarik  perhatiannya.  Sedangkan, aku  sama  sekali  tidak  tergugah  untuk  ikut  berinteraksi  dengan  makhluk  ganteng  yang,  menurutku,  aneh  itu.
Mungkin  karena  aku  tidak  ikut-ikutan  mengaguminya, pria  itu  jadi  mendekatiku. Awalnya,  dia  berbasa-basi  menanyakan  ini-itu  padaku.  Aku  ladeni  semua  pertanyaan  itu  dengan  jawaban  sekenanya.   Malas.   Namun, lama  kelamaan  kami  menjadi  akrab.

Aku  merebahkan  tubuhku  sambil  kembali  mengingat  kejadian  tadi  siang.
“  Halo  Nesta,  gue  kerumah  lo  ya…  bentar  lagi  gue  nyampe!  Sekarang  gue  lagi  dijalan.  Oya,  lo  dapet  salam  tuh  dari  Aris.  Dah  dulu  ya,”
Klik.  Telepon  ditutup.
Aku  terdiam  beberapa  saat.  Meyakinkan  diri  bahwa  aku  telah  siap  menerima  semuanya.  Menerima  kepergian  Aris  dari  hatiku.  Dan  menerima  bahwa  sahabatku  sejak  dibangku  SD, Dwi,  yang  bersamanya  sekarang.
Waktu  itu  hari  minggu.  Aku  bersama  Dwi  sedang  menonton  DVD.  Tiba-tiba  ponselku  berbunyi.  Satu  pesan  diterima  dari  nomor  yang  tidak  kukenal.
Di,  jd  ga?  Ntar  gw  ke  rmh  lo!  Jgn  lpa  cd  yg  d  Lombk.  Gw  ksna  skrg!
“ Wi,  ini  siapa  ya?  Kok  nyasar  ke  hape  gue  sih?”  Dwi  lalu  mengambil  ponselku.
“  ga  tau!  Coba  gue  missed  call  ya!”
Tut…tut…tut.  Klik.
“  cowo  Nes!”  seru  Dwi  sedikit  panik.
Belum  habis  rasa  kaget  kami  berdua,  tiba-tiba  ponsel  Dwi  berbunyi.
“ dari  nomor  yang  tadi!”  jerit  Dwi  panik.  “ gimana  nih?”
“ angkat  aja!  Angkat…”  seruku  tak  kalah  panik.
“ ha…halo…”  sapa  Dwi  terbata-bata  pada  cowo  diseberang  sana.  “ i…iya,  tadi  nomor  lo  ada  di  hape  temen  gue!” 
Aku  menahan  nafas.  Tiba-tiba  raut  wajah  Dwi  mencair.
“ Nesta?  Iya,  gue  temennya  Nesta.  Lo  siapa?  Kok,  bisa  tau  Nesta?”  Dwi  tersenyum  heran  memandangku.  “  Aris?!”
Aku  langsung  merebut  ponsel  Dwi. “ Aris!  Ngapain  lo  ngesms  gue  aneh  kayak  gitu?”  tanyaku  heboh. “  hah!  Salah  nomer!  Pantesan…  ya  udah,  mau  diterusin  ga  ngobrol  sama  temen  gue  yang  tadi?”  aku  mengerling  pada  Dwi.
Dwi  mencubit  pahaku.
“ hah? Namanya? Oh… namanya  Dwi!  Udah, nih…”  kembali  kuberikan  ponselnya  pada  Dwi.  Lalu  mereka  berbincang-bincang.  Aku  hanya  tertawa  memandang  ekpresi  bingung  di  wajah  Dwi.

Hari  ini, tepat  tiga  minggu  setelah  kejadian  itu. Dan  telepon  nyasar  itu  pun  berlanjut  hingga  kini.
Dwi  dan  Aris  tiba  lima  belas  menit  kemudian.  Aris  tersenyum  menatapku.  Aku  mengerti.  Dia  memberiku  senyuman  sebagai  ucapan  terima  kasih  karena  telah  mengenalkannya  pada  Dwi. Dan  Dwi,  dia  tidak  dapat  menyembunyikan  binar  bahagia  dimatanya. Setelah  Aris  pergi,  Dwi  melompat-lompat  kegirangan.  Dia  menceritakan  semua  hal  yang  terjadi  hari  itu.  Dwi  bilang  kalau  Aris  memegang  tangannya  sewaktu  didalam  bioskop  karena  dia  kedinginan.
Tililit…tililit…tililit.
Aku  tersadar  dari  lamunanku.  Setengah  berlari,  kuangkat  telepon  yang  berdering.
“ halo!”  sapaku.
“ hai  Nes,  ini Toni.  Aku  ganggu  ga?” 
“ oh,  hai  Ton!  Nggak  kok,  nggak  ganggu.  Ada  apa?”
“ ah,  nggak.  Cuma  pengen  ngobrol  aja…”
Tak  terasa  sudah  satu  jam  berlalu.  Toni  mengajakku  makan  malam  hari  sabtu  besok.  Meskipun  sedikit  enggan,  kuterima  juga  ajakannya.  Dia  menutup  telepon  dengan  berbagai  nasehat  manis  dan  juga  ucapan  selamat  tidur.

Aku  kembali  berbaring  ditempat  tidurku.

Pikiranku  melayang,  mengenang  masa-masa  indahku  bersama  Aris.  Kami  memang  tidak  pernah  jadian.  Tapi  selama  masa  pemotretan  berjalan,  dia  selalu  bersamaku.  Bila  aku  tampak  lelah,  dia  selalu  ada  disampingku,  memberi  rangkulan  dan senyum  penyemangat. Ah…aku  tak  kuasa  untuk  tidak  menyukainya  setelah  itu.

Sebelum  tidur, aku  berdoa  agar  aku  tidak  memimpikan  Aris  lagi. Kurasa, aku  mulai  membencinya.
Syukurlah, Tuhan  mendengar  doaku. Pagi  harinya  aku  terbangun  dengan  mata  sedikit  bengkak  karena  kurang  tidur.
Disekolah, Dwi  sudah  menyambut  kedatanganku  dengan  wajah  ceria  dan  senyuman  lebar.
“ Nes,  mata  lo  kenapa?”  tanyanya  sambil  memegang  wajahku.  Aku  menepis  tangannya.
“ nggak! Cuma  kurang  tidur  aja…” jawabku.
“ Nes… gue  mau  cerita  sesuatu. Tapi… lo  jangan  marah  ya!” 
aku  menatap  wajah  Dwi  lekat-lekat. “ gue  udah  tau.  Elo  jadian  sama  Aris  kan…”  aku  merapikan  tempat  pensilku.

Dwi  mengangguk  perlahan.  Aku  tahu  dia  merasa  tidak  enak  padaku.  Itu  sebabnya,  aku  segera  menatapnya. “ gue  nggak  marah  sama  lo.  Sungguh!  Gue  Cuma  kesel  sama  diri  gue  sendiri.  Kenapa  gue  bisa  pernah, “ aku  memberi  tekanan  pada  kata  yang  satu  itu, “ suka  sama  dia…”
Dwi makin  menundukkan  kepalanya.  Aku  tersenyum simpul, “ eh, ngomong-ngomong… gue  minta  Pajak  Jadiannya  dong!  Ayo,  kita  ke  kantin!”  aku  menarik  lengan  Dwi  dan  tersenyum  lebar  padanya.
Dia  menyambut  senyumanku, “ tapi  jangan  banyak-banyak  ya!  Gue  lagi  ga  bawa  duit  nih!” seru  Dwi.
“ alah… biasanya  juga  ngutang  dulu  kan?”  sahutku.  Lalu  kami  pun  tertawa  berbarengan.

Sabtu  malam.

Aku  sudah  menceritakan  perihal  ajakan  makan  malam  Toni  pada  Dwi. Dia  tak  henti-hentinya  mencubiti  aku  bila  Toni  melintas  didepan  kami.
Entah  apa  yang  membuatku  selalu  menolaknya  mendekatiku. Padahal  wajahnya  cukup  tampan,  dia  juga  pintar. Belum  lagi  kemahirannya  bermain  gitar  plus  sifat  pandai  bergaulnya. Dan  yang  paling  hebat,  dia  adalah  anak  seorang  pengusaha  sukses.  Tapi,  justru  hal  hebat  itulah  yang  membuatku  enggan  membuka  hatiku  padanya.

Aku  tidak  mau  dibilang  cewe  matre  atau  apalah  yang  dikatakan  cewe-cewe  yang  mendekatinya  itu, yang  tentu  saja  jauh  lebih  menarik, lebih  pintar, dan  lebih  sederajat  dengannya.  Namun,  dia  tidak  mau  berpindah  haluan.  Sudah  hampir  dua  tahun  ini  dia  terus  berusaha  mendekatiku.
Aku  masih  terpaku  didepan  meja  riasku.  Tidak  tahu  apa  yang  harus  kulakukan. Tak  lama, suara  motor  sport  milik  Toni  menderu-deru  didepan  rumahku. Aku  meminta  Toni  tidak  membawa  mobil  mewahnya  sebagai  syarat  untuk  bisa  mengajakku  pergi  malam  ini.

Toni  membawaku  ke  suatu  tempat  yang  indah.  Tempat  makan  ini  tidak  terlalu  mewah, namun  pemandangan  disekitarnya  dan  live  music  yang  disajikan, membuat  tempat  ini  tampak  sangat  romantis. Setelah  memesan  makanan,  kami  pun  berbincang-bincang  mengenai  musik,  film,  sampai  tempat  kami  melanjutkan  kuliah  nanti.
“ aku  ditawari  ayah  kuliah  di  London.  Tapi,  aku  nggak  mau…”  ujar  Toni  disela  makan  kami.
“ kenapa? Kan  asyik  tuh. Kamu  bisa  nambah  banyak  pengalaman  disana…” sahutku.
Toni  menggeleng. “  aku  nggak  mau  dan  nggak  bisa,”  jawabnya  singkat.
“ nggak  bisa  karena  apa?”  tanyaku  tidak  habis  pikir.
Toni  menghentikan  makannya,  lalu  menatapku.  Aku  jadi  salah  tingkah.  Apa  aku  salah  bicara  tadi?
Tiba-tiba  dia  tersenyum,“ karena  kamu…”  sahutnya  sambil  menggenggam  erat  kedua  tanganku.
Diam.
“ kenapa  aku?” tanyaku  ditengah  keheningan  kami.
“ karena  kamu  beda.  Kamu  nggak  suka  kekayaanku.  Nggak  seperti  cewe-cewe  itu, yang  cuma  ingin  uang  ayah  yang  diberikan  padaku…”  sahutnya  mantap.
Aku  tidak  sanggup  lagi  berbicara. Aku  hanya  dapat  menatap  lekat  matanya.  Meyakinkan  diriku  bahwa  kata-katanya  barusan  adalah  kesungguhan.
“ tunggu  disini  ya…” Toni  lalu  beranjak  dari  kursinya.  Dia  berjalan  menuju  stage  dan  mengambil  sebuah  gitar. “ selamat  malam  semuanya… aku  ingin  memberikan  sebuah  lagu  untuk  gadis  bergaun  hitam  yang  duduk  disana,”  Toni  menunjuk  tempat  duduk  kami.
Semua  orang  langsung  menatap  kearahku.  Kurasakan  wajahku  memanas  karena  malu.
“ aku  persembahkan  lagu  ini  untukmu  Ernesta  Wimala…”. Denting  gitar  Toni  mulai  memenuhi  seluruh  ruangan  itu, “… be  my  lady,  be  the  one  and  good  things  will  come  to  our  hearts… you’re  my  lady,  you’re  my  one  give  me  chance  to  show  you  love…”
Airmataku  meleleh.  Kenapa  aku  mengharapkan  sesuatu  yang  jauh  dariku? Sedangkan  didekatku  ada  seseorang  yang  bersedia  menerimaku  apa  adanya! Menyayangiku  sepenuh  hati! Bodohnya  aku!

Maka,  saat  itu  juga  aku  memutuskan  untuk  menerima  Toni  setulusnya.

No comments:

Post a Comment